2.1.08

2rb8


ANAK SEKECIL ITU BERKELAHI DENGAN WAKTU
DEMI SATU IMPIAN YANG KERAP GANGGU TIDURMU
ANAK SEKECIL ITU TAK SEMPAT NIKMATI WAKTU
DIPAKSA PECAHKAN KARANG
KUAT JARIMU MENCENGKRAM *)


Seyogianya pergantian tahun tadi malam adalah momen yang sangat dinantikan oleh berbagai anak manusia untuk tumpahkan keriangan. Tetangga kiri kanan yang selama 364 hari tidak pernah saling bertegur sapa, bahkan mungkin tidak pernah saling bertemu muka, spontan keluar bersama menyiapkan arang dan daging apa saja yang masih bisa didapatinya.

Semenjak siang, berbondong-bondong para penjaja dan pedagang sudah menyiapkan lapak di lokasi yang diyakini mereka bakal menjadi tempat berkumpulnya orang. Terompet yang makin canggih modifikasinya, yang nongol sekali setahun, bertabur di sepanjang trotoar. Mereka berharap, bisa mengais sedikit rezeki yang tidak tiap hari ada.

Saya tidak tahu di tempat lain, karena akhir tahun ini saya memutuskan untuk tidak ke mana-mana dan menjauhi diri dari muka televisi. Saya sudah berjanji dengan sahabat-sahabat jiwa saya untuk melakukan kontemplasi dan retrospeksi secara bersahaja di Sawung Rere, sebuah gazebo mini milik Pak Ari.

Dan inilah yang terjadi di sekeliling saya malam itu. Selepas maghrib, saat keriangan sedang bersiap diluapkan, saat lampu penerangan jalan mulai bernyalaan, saat deru sepeda motor mulai ingar bingar, saat arang mulai membara, saat ikan dan ayam mulai dibumbui, saat sound system mulai di tes-tes-satu-dua-testing-tes-tes, saat para pedagang bersiap tawar menawar, saat itu pula, mendadak sontak air tertumpah begitu saja dari langit. Semua terkesiap. Agenda yang sudah tersusun jauh-jauh hari sontak terancam. Beribu doa pun spontan dilantunkan, memohon agar hujan bisa berhenti atau setidak-tidaknya, ditunda.

Para pedagang terompet yang tadinya bersiap-siap hendak menghitung hasil penjualan, menghitung untung, kontan pucat pasi. Sebagian dengan cekatan menutupi dagangannya dengan plastik. Sebagian yang tidak sempat menutupi karena memang tidak menyiapkan plastik, langsung lunglai, persis seperti terompet dagangannya yang terbuat dari karton yang kuyup karena basah.

Arang yang sudah menjadi bara, padam seketika. Panggangan pun diungsikan masuk ke garasi, carport atau teras beratap. Rata-rata kepala menengadah ke langit, mencoba membaca kegelapan di angkasa untuk menerka seberapa lama air tercurah.

Tak lama kemudian, semua doa dan pengharapan seakan-akan terjawab. Angin hadir dengan kencang, mengusir rinai hujan. Kegembiraan pun kembali menggempita. Tungku dan panggangan kembali bergerak ke luar rumah, lagu-lagu kembali berkumandang, plastik mulai dibuka, dagangan pun kembali ditawarkan.

Sepertinya, alam mulai pintar mengaduk perasaan manusia. Keceriaan yang hadir kembali tidak berlangsung lama, tidak lebih dari satu jam. Hujan deras lagi-lagi seperti tertumpah dari langit. Kali ini tak ada lagi yang siap untuk menyelamatkan apa-apa. Arang dan bara habis semua, terompet-terompet layu semua...

Sahabatku. Meski di Sawung kecil kita tetap berpadu, meski keceriaan kita masih tetap menyatu, benar-benar kita semua tenggelam dalam haru.

Sebagian dari kita mungkin menikmati pergantian tahun di hotel-hotel berbintang, ditemani bintang-bintang pujaan. Sebagian lagi mungkin merayakannya dengan berfoya-foya di gedung megah. Namun, sesungguhnya, sebagian dari anak bangsa ini menyilakan datangnya dua ribu delapan dalam nestapa. Ada mereka yang tidak hanya sekadar berjuang menyelamatkan dagangan, bara api dan ikan ayam, bahkan ada saudara sebangsa kita yang sedang berjuang menyelamatkan harta benda mereka, atau justru bahkan, jiwa mereka.

Sebagian kita begitu terpesona menyambut pergantian waktu. Sebagian besar dari anak-anak kita barangkali tidak lagi sempat menikmati waktu.

Dua ribu delapan sudah datang. Mari kita menghadapinya dengan gagah, jiwa yang jernih, pantang menyerah, solidaritas tinggi dan pikiran yang lebih dewasa. THERIQA 010108

*) SORE TUGU PANCORAN, IWAN FALS

41 komentar:

Anonim mengatakan...

Pengorbanan Ismail dan Isa adalah simbol keikhlasan hubungan kepada manusia dan Tuhan. Semoga menjadi inspirasi kita untuk mengisi hidup pada tahun baru Masehi ini. Amin.

Anonim mengatakan...

Kemarin tinggal kenangan yang menjadi sebuah pelajaran. Bergantinya hari, minggu, bulan dan tahun hanyalah sebuah tanda waktu, yang terpenting adalah keberanian untuk memperbaiki diri dan komitmen untuk menjadikan hari esok menjadi lebih baik.

Selamat memasuki tahun 2008.

Anonim mengatakan...

Sore.....langit bergairah berbaju jingga.
Cantiknya...........ketika lembayung meng endap membiaskan ungu.....langit keliha tan murka,angkara. Seperti calon arang janda bengis ber mantel ungu. Siap menelan jingga yg meredup. Akan lenyapkah semburat jingga,atau terlelap sembunyi dibaju u ngu janda desa Di rah.

08159939555

Merah darah ...merah darah. Bukankah jinggamu pernah ber darah2, ditusuk tepat didamu oleh ungunya jandadirah. Senimanku seniman ku,ada darah politis didarahmu, jg kotori darah merahmu.

08159939555

Maka sy makin mengerti siapa dirimu. Seniman yg politisi atau politisi yg seniman..seniman sejati darahnya putih lagi! Jg pemarah!

08159939555

Jg berfikir memakai sisi negatif,saya pe ngagum kesenima nan anda.sangat sayang ternyata anda pemarah,tp sy mak lum se maklum2nya dan asal tahu,saya bkn pendendam ka rena duniawi bkn dewa saya.

08159939555

Anonim mengatakan...

"Happy New Year 2008!! May your life filled with joy, luck, success, love and happines in the coming year.

Anonim mengatakan...

tiap thun bilangan almanak trus brganti.
slalu juga ada asa tuk prbaiki diri,
smoga Tahun ini segalanya mnjadi lebih baik. happy new year 2008.

Anonim mengatakan...

HAPPY NEW YEAR 2008!
Wish you have great moment.

08163265019

Anonim mengatakan...

Selamat tahun baru 2008, semoga diberikan Kesejahteraan berupa Kesehatan, Pendidikan dan Rizki serta Sukses Selalu. Amiiin. (Al Mansyur & kel.)

081511621128

Anonim mengatakan...

Dengan memohon ridho Allah SWT kami sekeluarga mengucapkan "SELAMAT TAHUN BARU 2008" semoga segala usaha dan jalan yg kita yg belum berhasil di tahun 2007 akan mendapat sukses ditahun 2008 amin

Anonim mengatakan...

Selamat TAHUN BARU 1 JAN 08 semoga SUKSES selalu menyertai KARIR dan perjuangan anda.

085283220068

Anonim mengatakan...

... Cinta
... Kebahagiaan
... Kasih sayang
... Persaudaraan
... Persahabatan
TUMBUH dari:

.+""+.+""+.
+ HATI YANG +
"+.TULUS.+"
"+.+"

Selamat Menyongsong Tahun Baru 2008
Semoga BERLIMPAH REZEKI & KESEHATAN SERTA PANJANG UMUR dan SUKSES dalam KARYA & KARSA.

Anonim mengatakan...

.'1 2'.
9 o 3
'. 6 .'

Waktu terus berjalan, tahun 2007 segera berlalu, Tahun 2008 akan segera hadir, semoga membawa harapan baru dan sukses dalam keluarga maupun karier. "HAPPY NEW YEAR 2008"

081383179977

Anonim mengatakan...

As wr wb
demi waktu yg tiada berhenti bergulir walau sesaat
Semoga secercah asa senantiasa teriring bersama Sang Waktu
Kami dan keluarga mengucapkan Selamat Tahun Baru 2008, semoga kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa mengiringi dalam meniti Sang Waktu.

Anonim mengatakan...

"Selamat tahun baru 1 januari 2008" smoga ditahun 2008 yg kuasa selalu memberi kita kekuatan, kesehatan, keimanan & ketaqwaan utk raih kesuksesan yg sejati.

Anonim mengatakan...

Bintang2 dlm galaksi berputar mengelilingi porosnya

Berthawaf makrokosmos dan bertasbih galaksi

Elektron bertawaf mikrokosmos, berzikir tasbih elektron

Dan manusia pun bergerak pada garis orbit.


Apabila bulan ditarik oleh gravitasi bumi

Planet2 ditarik oleh gravitasi matahari

Maka manusia pun sebenarnya ditarik oleh gravitasi spritualnya

Energi gravitasi spritual hanya bisa dirasakan melalui mata hati yg jernih yakni qalbu


Demi matahari dan cahayanya, dan bulan apabila mengiringinya, dan siang apabila menampakkannya

Dan malam apabila menutupinya. Dan langit serta yg membangunkannya. Dan bumi serta yg membentangkannya. Dan jiwa serta yg menyempurnakannya.

Selamat taon baroe 08
Salam hangat, hadi euy

Sang SemburatJingga mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

HAPPY NEW YEAR "2008"
SUCCESS FOR YOU and GBU all

08121922476

Anonim mengatakan...

SEMOGA SUKSES!
DAN BAPAK Drs. H. Ismet Iskandar lah yg pantas pantas jadi "Bupati Tangerang" 2008-2013

081381539465

Anonim mengatakan...

Selamat tahun baru, bang
moga tambah suxes

Anonim mengatakan...

Sepakat! Maju tak gentar, hak kita diserang. Usir penyerang. InsyaAllah menang. Merdeka!

Anonim mengatakan...

ReMeMbeR..!!
ReMemBeR aLL D JoY & D PaiN.. TeaRs, SmiLe.. aLL D GooD & D BaD.. aLL D ExPeRienCe ThaT MaKes Us BcoMe STroNgGeR 2 FaCe D FuTuRe.. HaPPy NeW YeaR 2008..

Anonim mengatakan...

SELAMAT TAHUN BARU 2008
Insya Allah akan lebih baik.

Anonim mengatakan...

Malam akhir ini ucapkan salam..
Kata apa? Hening
Suara apa? Bisu
Dengar apa? Sunyi
Merasakan apa?
.... SELAMAT TAHUN BARU.
S'moga sang sepi dapat memberi arti untuk langkah kedepan nanti...

Anonim mengatakan...

Selamat Tahun Baru 2008.
Semoga keberhasilan dan rahmat Allah SWT senantiasa menyertai kita semua. Amiin...

Anonim mengatakan...

Another year end is coming, let all the past be sweet memories, take pace forward to chase unfinished dream n make it come true. Happy New Year.

Anonim mengatakan...

3 cara pemilihan:
A. buka surat suara lalu pilih nomor 1
B. tusuk, lubangi pilih nomor 1`
C. lipat, masukkan kotak suara, jangan lupa, pilih nomor 1.

Anonim mengatakan...

Mengawali sama sulitnya dengan memelihara. (mad kifli 1953)

Anonim mengatakan...

Wishing u all at tim ISRA for 12 mnths of happiness, 52wks of fun, 365dys of laughter, 8760hrs of gd luck, 525600mn of joy, 31536000sc of success. H'ppy Nw Year '08.

08129675532

Anonim mengatakan...

Senyum dikulum:
Rt Atut dan kel. nonton 3 DIVA di jakarta, dg harga tiket 10 jt/org, kemarin. Sth pulang, komentar di pers; memang 3 Diva ASET NEGARA ! (Haah ?? Aset negara ???...)

---

He he he he tebak ya ? Aktivis / LSM, di kota tng, teman anda juga, hoby bola, baca buku titik tuju, suka catur, apalagi ya....
Ah anda becanda ?

Anonim mengatakan...

O.K Juga blog nya Ndree.

Anonim mengatakan...

Suxes untk yg no.1.yg sdah terbukti.

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum Abang selamat thn baru 1429 H semoga hidup kedepan lebih baik & semoga yang no 1 membawa kab tangerang kedepan lebih baik.

085219944339

Anonim mengatakan...

Selamat tahun baru 2008 semoga tetap dalam lindungan Allah.Amin.

Anonim mengatakan...

Waktu terus berjalan, Des 07 segera berlalu yg patut kita syukuri, Jan 08 akan hadir membawa harapan baru dan kedamaian lahir bathin tambah sukses untuk Yth:Bpk.ANDRE UNGU & KEL.dan semoga kita semua di tahun 08 ini lebih sukses dari tahun 07 "HAPPY NEW YEAR "Thn"08

Anonim mengatakan...

Ass. Wr. Wb.
Bang kpn ayah & H. Rano kmpny di Citra ?

081381539465

Anonim mengatakan...

Bang Andre, saya skrg tugas di tangerang. Pegang Kepala Biro Harian Pagi Banten Raya Post. Milik Jawa Post Grup. Kantor saya di Radar Tangerang. Thanks.

Anonim mengatakan...

ASS WR WB
SELAMAT PAGI ABANGKU,
BAGAIMANA KEADAAN ABANGKU?
SAYA BERHARAP SELALU SUKSES DAN SEHAT DALAM KARUNIANYA.

Anonim mengatakan...

Bang kiranya ada sisa logistik "kaos" info ke saya.

081310776142

Anonim mengatakan...

Saya rapat pembubaran di serang, saya batalkan, saya pilih bulutangkis.

Anonim mengatakan...

Pa.Andre. Sekali PA ISMET Tetap PA ISMET ISKANDAR tida ada lain pilihan

Anonim mengatakan...

Innalilahi Wa innailaihi Roji'un
Telah Meninggal Dunia Bpk Yasrif Pelatih Bridge Banten Jam 11.00 Jum'at 4 Jan 2007. Rumah Duka di Komplek Daksinapati Rawamangun
Rencana Pemakaman hari ini./

Anonim mengatakan...

Bang... Pokok'y selama CISADANE mengalir...ga usah di Airin, H. Ismet saja.

081381539465