17.1.08

Diklat Khutoba dan Mubaligh-Mubalighoh


Pagi ini, Ketua MUI Kabupaten Tangerang KH. Turmudzi membuka secara resmi Diklat Khutoba dan Mubaligh-Mubalighoh se-Kabupaten Tangerang di Tangerang Islamic Center, Panongan.
Mewakili Bupati Tangerang yang pada saat yang sama sedang menerima kunjungan kerja Menteri Lingkungan Hidup, KH. Turmudzi mengharapkan agar para Khotib, Mubaligh dan Mubalighoh dapat berperan lebih jauh dalam memberikan masukan yang bermanfaat bagi ummat di daerah ini.

Ketua MUI tersebut juga mengisyaratkan bahwa masih terdapat banyak petugas dan pemuka Islam yang salah menerapkan kutbah, ceramah maupun doa dalam berbagai kesempatan yang berbeda. Itu pula sebabnya, latihan semacam ini diperlukan.

MUI Kabupaten Tangerang secara reguler mengadakan pelatihan-pelatihan setiap tahun. Tahun ini peserta diklat berjumlah lebih dari limaratus, terdiri atas masing-masing lima orang khotib, tiga mubaligh dan dua mubalighoh serta satu pengurus MUI tiap kecamatan dari keseluruhan tiga puluh enam kecamatan se-Kabupaten Tangerang ditambah undangan dan pengurus MUI Kabupaten Tangerang.

Agenda pelatihan kali ini diisi oleh DR. KH. Ma'ruf Amin, Ketua MUI Pusat yang menyampaikan materi Khutbah dan Da'wah, dipandu oleh moderator Drs. Baikandi.

Prof. DR. Suparman Usman, SH., Ketua MUI Provinsi Banten yang memaparkan Methodologi Da'wah, dengan moderator Drs. Ubaidillah.

Sementara itu materi tentang Retorika Da'wah dibawakan oleh dua narasumber, masing-masing Dr. KH. Nurul Huda, Ketua LDNU Pusat dan KH. Dahlan Hasyim, SH., M. Hum, Ketua Komisi Pengembangan Hukum dan Perundang-undangan MUI Kabupaten Tangerang.

Pembicara terakhir dalam diklat yang berlangsung sehari penuh ini adalah Kepala Kantor Agama Kabupaten Tangerang, Drs. H. Agus Salim, M. Pd., yang menyampaikan Kebijakan Departemen Agama dalam Da'wah.

Tentunya, harapan kita semua adalah bahwasanya selepas mengikuti pelatihan ini, wawasan para khutoba dan mubaligh-mubalighoh semakin berkembang, sehingga bisa mengaplikasikan kemampuannya dalam memberikan pencerahan yang bermanfaat bagi ummat dan masyarakat luas. THERIQA 08 MUHARRAM 1429 H.

13 komentar:

Anonim mengatakan...

semoga ulama selalu bisa menjadi garda yang mengharumkan agama dan bangsa.

Anonim mengatakan...

BANG ANDRE. AIRIN MEMBERIKAN SUPERMI LIMA BIJI BERTULISKAN JGN SELINGKUH.

Anonim mengatakan...

Laporan dr tmn2: Darmawan (Pagedangan) ok, optimis, Joebadry (Pasirraja) bagus, iwan s(cisauk) mudah2an mulus, harni (kpgsawah) kabeh nn1, afdal (ciputat) kudu ati2 bang, rohmat (muncul) monitor bagus beh.

Anonim mengatakan...

Pak Marmo, cah2 sandra, bintaro, pamulang, kedawung, lan anakbuahe pak mul lan mas kusnen wis tak kandani nyoblos no 1. Pakde Har wis kandur?

Anonim mengatakan...

Tangerang butuh pemimpin yg mengerti jeritan hati rakyat.

Bukan politik sembako yg dikedepankan.

Jangan salah pilih!
Jangan pilih orang asing

Pilih no satu coblos ismet rano.

Anonim mengatakan...

Gak smua bunga bisa jadi lambang cinta
Tapi mawar bisa

gak smua phon bs brdiri kLw kekurangan air
Tapi Kaktus bisa.

gak smua org bisa jd bupati yg baik!
Tp Ismet Bisa, oke.

Anonim mengatakan...

Nampaknya kerajaan psr anyar bakal eksis lagi
slamat dn salam smua handai tolan.

Anonim mengatakan...

BANG ANDRE. AIRINSERANGAN FJR DGNUANG WIRO DGN ANK KOBONK LEBAK BERJIKIR BP ISMET.

Anonim mengatakan...

Bila terdapat oknum tim sukses membagikan sembako atau bentuk lain yg bisa dinilai dg uang. Dan di dalamnya terdapat gambar pasangan calon bupati/wakil bupati. Segera laporkan pada pengurus partai di tingkatan masing2 utk ditindaklanjuti ke PANWASCAM dan PANWASDA.

Anonim mengatakan...

PENGUMUMAN...!!!
Bagi slrh pend. H. Ismet + H. Rano stlh berjuang fisik (kampanye), mari skrng khusukkan hati & fikiran kita mohon pada Allah SWT, agar bp. H. Ismet di beri kemenangan kembali tuk memimpin kab. Tangerang 2008-2013. ALLAHU AKBAR...! ALLAHU AKBAR...!! ALLAHU AKBAR...!!!

Anonim mengatakan...

Amin. Semoga pemindahan aset dr Tgr ke Srg tidak terjadi.

Anonim mengatakan...

berarti kerajaan pasar rawu ga bisa manggung di tangerang.

Anonim mengatakan...

aerosoles love letter shoes new zealandn fake handbag salvatore