11.1.08

MALARI - MALARIA


SEBELAS JANUARI BERTEMU
MENJALANI KISAH CINTA INI
NALURI BERKATA ENGKAULAH MILIKKU

BAHAGIA SELALU DIMILIKI
BERTAHUN MENJALANI BERSAMAMU
KUNYATAKAN BAHWA ENGKAULAH JIWAKU

AKULAH PENJAGAMU
AKULAH PELINDUNGMU
AKULAH PENDAMPINGMU
DI SETIAP LANGKAH - LANGKAHMU

PERNAHKU MENYAKITI HATIMU
PERNAH KAU MELUPAKAN JANJI INI
SEMUA KARENA KITA INI MANUSIA

KAU BAWA DIRIKU KE DALAM HIDUPMU
KAU BASUH DIRIKU DENGAN RASA SAYANG
SENYUMMU JUGA SEDIHMU ADALAH HIDUPKU
KAU SENTUH CINTAKU
DENGAN LEMBUT DENGAN SEJUTA WARNA…*)

5 hari yang lalu, saya mendapat satu pesan pendek dari Sekjen PSN Kota Tangerang yang jelita, Dhita, menginspirasi saya untuk menulis sesuatu tentang lagu anyar Gigi, 11 Januari dan Peristiwa Malari (15 Januari). Kata Dhita, emang sih gak ada kaitan antara keduanya.

Baiklah, Dhit, hari ini tepat 11 Januari, 4 hari lagi orang-orang akan memperingati 34 tahun peristiwa Malari. Orang-orang? Ah, setidaknya tentu dr. Hariman Siregar, cs dan Dr. Sjahrir, cs.

Petikan lirik lagu kelompok Gigi, meski saya belum bisa membawakannya, seperti di atas, benar-benar bernuansa asmara, bertemakan cinta. Peristiwa Malari, oleh penyulutnya juga konon didasari oleh faktor cinta. Katanya sih, cinta kepada tanah air. Mereka memporak-porandakan Jakarta dengan alasan menolak investasi asing, yang kala itu diwakili oleh kehadiran PM Jepang, Kakuei Tanaka.

Dengan alasan cinta, kita kadang justru menghantam dan memusnahkan cinta. Terkadang, apa yang sekalangan orang katakan bahwa antara cinta dan kebencian hanya berjarak setipis kulit ari, sering terbukti lewat tindakan dan kenyataan yang terpapar kemudian. Peristiwa Malari menewaskan 11 orang, menghanguskan 807 mobil, merontokkan 187 motor, meluluhlantakan sekian banyak bangunan, serta mencederai lebih dari 300 orang.

Akibatnya, Pak Harto menjadi begitu alergi dengan gerakan dan aktivitas mahasiswa, sangat apriori dengan demonstrasi.

11 hari lagi, maka akan ketahuan siapa yang akan memimpin Kabupaten Tangerang untuk masa 5 tahun ke depan. Saat ini semua kandidat meng-klaim dirinya tambil demi cintanya kepada rakyat dan 3,8 juta masyarakat Kabupaten Tangerang. 11 hari ke depan, akan ketahuan, apakah betul cinta itu murni, apakah cinta itu memang benar-benar ada. Siapa pun yang menang, berpihaklah kepada rakyat yang sudah memilih dan tidak memilih. Siapa pun yang kalah, kasihilah, kasihanilah rakyat untuk tidak menyengsarakan mereka dengan huru-hara.

11 hari lagi, maka kalender akan bertanggal 22. Dhit, mungkin pada saat itu saya akan mendendangkan sebuah lagu lain. Sebuah lagu yang sudah aku kenal semenjak lebih dari 22 tahun yang silam.

22 januari kita berjanji
coba saling mengerti apa di dalam hati
22 januari tidak sendiri
aku berteman iblis yang baik hati

jalan berdampingan tak pernah ada tujuan
membelah malam mendung yang selalu datang
kudekap erat ku pandang senyummu
dengan sorot mata yang ke2nya buta
lalu kubisikan sebaris kata-kata
putus asa, sebentar lagi hujan

2 buku teori kau pinjamkan aku
tebal tidak berdebu kubaca selalu
4 lembar fotomu dalam lemari kayu
kupandang dan kujaga sampai kita jemu **)

Lagu pertama, lagu kedua sama-sama tentang cinta, dengan cara pandang yang berbeda. Cinta yang membuat kita kadang seperti terserang malaria, panas dingin tidak keruan. Lagu dan lagak orang-orang yang berebut kekuasaan juga kadang membuat kita seperti terserang malaria saat mereka dengan gampangnya melontarkan janji-janji dan saling caci maki. Namun jika mereka mereka gagal, merekalah yang akan habis-habisan meradang seperti orang yang kena malaria, bahkan seperti orang yang jadi korban Malari, barangkali. BATMAN 110108

CATATAN TENTANG MALARI SELENGKAPNYA BUKA DISINI
*) 11 JANUARI, CIPTAAN DEWA BUJANA, VOKAL ARMAND MAULANA
**) 22 JANUARI, CIPTAAN DAN VOKAL IWAN FALS.

9 komentar:

Anonim mengatakan...

aduh abang..., sempet-sempetnya nyerempet gigi segala, hehehehe, untung masih nyempetin iwan fals nya..., hihihi. jangan lupa ya bang, sedia kina sebelum malarindu tropikangen.

Anonim mengatakan...

Pa, kaos masih ada? Kalo ada Lani minta lagi yg kemaren kurang, makasih...

Anonim mengatakan...

Hi, nDre, semoga kamu masih ingat saya, teman jepun yang kuliah bareng di Uncle State dulu... How are you, honey, sudah married kah? Saya sudah lama tidak berbahasa Indonesia, semenjak pulang ke Jepun. Hihihi, seperti kata kamu dahulu, "What are U talking about?" oh, sweet heart, I miss you so much. Saya peroleh kamu punya web dari google yoo, thanks god, kamu masih rajin bikin bingung orang yoo... nDre, you know saya sudah have 2 young guys sekarang, they're looks like you, nDre, handsome and cute. nDre, I always wanna meet you, sometime, somewhere, somehow. God Bless You.

Anonim mengatakan...

Setuju, kalok bikin milis grup psn piye?

Anonim mengatakan...

Bro, bgmn hsl rpt prpn di srg? Pengamatan smtr di tgr sel pilkd adl 49:3:48.

Anonim mengatakan...

Saya pak ismet jadi ketemuan pak andre

Anonim mengatakan...

Lapor: LIGA BRIDGE BANTEN 2008 (I), 13 Jan, Gd KNPI Kota Tgr, 13 tim se Banten.

Juara 1 UNGU (Soemarmo, Mahkota, Dede, Komar, Nanan, Berlin) 2 MIXED PON BANTEN (Belly, Mira, Prananta, Iin) 3 CILEGON (Dhany, Benget, Zul, Ganefo) 4 SERANG (Tb Khaeroni, Saeful, Hery, Awang)

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih bang saya sudah di citra bapak masih di rmh sakit belum banyak perubahannya

Anonim mengatakan...

buah klapa di poon waru,
biji korma cuma ada atu..
buat apa pilih yg baru,
klo yang lama masih bermutu..

clon bpati mkn sayur lodeh..
nyang pasti2 aja deeh..