10.1.08

Tahun Baru 1429 Hijriah


Tidak seperti malam pergantian tahun baru masehi yang lalu, tadi malam udara benar-benar cerah di Sawung Rere, Gazebo P'Ari itu, dan sekitarnya. Jadilah kami, beberapa sahabat jiwa berkumpul untuk sekadar bermunajat kehadirat Allah swt untuk segala limpahan kasih karuniaNya yang tak terhitung, tak ternilai dan tak terbantahkan selama kita meniti hari-hari yang telah lalu. Tentu, seperti biasa, terselip juga pengharapan akan hari-hari yang menjelang, penuh dengan semoga, penuh dengan segala asa.

Tadi malam saya, Zaidan Jauhari, Agus Budi Utomo, Rokhim Arek Suroboyo, Edwin Aldrin, Ustadz Halim, Jimmy Hirza yang S.Ag, Hendra, dan tentu saja Ari sang empunya Sawung Rere, bersekutu dalam hening, ditemani nasi goreng magelangan khas Pak Noeng dan wedang jahe yang wasgitel.

Kita seh bukannya kelompok yang sok religius. Tapi jejak langkah kita-kita ini sudah membuktikan bahwa apapun yang telah terjalin, tak ada satu hal pun yang lepas dari dari menejemen Allah. Semilir angin yang berhembus akrab, seakan turut mengiringi doa-doa tulus kita, agar dalam almanak baru yang terbentang, menjejak kesempatan dan pengharapan yang serba lebih memberi nuansa kenyamanan dan terhindar dari segala silang sengketa serta berbagai aral, bala dan bencana.

Apa yang secara sederhana kita lakukan adalah sebuah bentuk tindakan kecil untuk memperpanjang rangkaian sejarah perjalanan sebuah peradaban. Di muka bumi ini ada berbagai pusat peradaban manusia, yang banyak di antaranya juga dilengkapi dengan penanggalan versi masing-masing. Salah satunya yang yang tadi malam kami peringati, penanggalan Hijriah.

Kalender Hijriah atau Kalender Islam (Bahasa Arab: التقويم الهجري; at-taqwim al-hijri), adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Di kebanyakan negara-negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Hijriah menggunakan sistem kalender lunar (qomariyah).

Kalender ini dinamakan Kalender Hijriah, karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun dimana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad saw dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M.


KARAKTERISTIK

Penentuan dimulainya sebuah hari/tanggal pada Kalender Hijriah berbeda dengan pada Kalender Masehi. Pada sistem Kalender Masehi, sebuah hari/tanggal dimulai pada pukul 00.00 waktu setempat. Namun pada sistem Kalender Hijriah, sebuah hari/tanggal dimulai ketika terbenamnya matahari di tempat tersebut.

Kalender Hijriah dibangun berdasarkan rata-rata siklus sinodik bulan kalender lunar (qomariyah), memiliki 12 bulan dalam setahun. Dengan menggunakan siklus sinodik bulan, bilangan hari dalam satu tahunnya adalah (12 x 29,53059 hari = 354,36708 hari).Hal inilah yang menjelaskan 1 tahun Kalender Hijriah lebih pendek sekitar 11 hari dibanding dengan 1 tahun Kalender Masehi.

Faktanya, siklus sinodik bulan bervariasi. Jumlah hari dalam satu bulan dalam Kalender Hijriah bergantung pada posisi bulan, bumi dan matahari. Usia bulan yang mencapai 30 hari bersesuaian dengan terjadinya bulan baru (new moon) di titik apooge, yaitu jarak terjauh antara bulan dan bumi, dan pada saat yang bersamaan, bumi berada pada jarak terdekatnya dengan matahari (perihelion). Sementara itu, satu bulan yang berlangsung 29 hari bertepatan dengan saat terjadinya bulan baru di perige (jarak terdekat bulan dengan bumi) dengan bumi berada di titik terjauhnya dari matahari (aphelion). dari sini terlihat bahwa usia bulan tidak tetap melainkan berubah-ubah (29 - 30 hari) sesuai dengan kedudukan ketiga benda langit tersebut (Bulan, Bumi dan Matahari)

Penentuan awal bulan (new moon) ditandai dengan munculnya penampakan (visibilitas) Bulan Sabit pertama kali (hilal) setelah bulan baru (konjungsi atau ijtimak). Pada fase ini, Bulan terbenam sesaat setelah terbenamnya Matahari, sehingga posisi hilal berada di ufuk barat. Jika hilal tidak dapat terlihat pada hari ke-29, maka jumlah hari pada bulan tersebut dibulatkan menjadi 30 hari. Tidak ada aturan khusus bulan-bulan mana saja yang memiliki 29 hari, dan mana yang memiliki 30 hari. Semuanya tergantung pada penampakan hilal.


NAMA BULAN DAN NAMA HARI

Seperti kebanyakan sistem penanggalan lainnya, ada duabelas bulan dalam satu tahun Hijriah, yaitu: Muharram, Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya'ban, Ramadhan, Syawal, Dzulkaidah dan Dzulhijjah.

Adapun dalam satu pekan, juga terdapat tujuh hari yang masing-masing dinamai dengan: al-Ahad, al-Itsnayn, al-Tsalaatsa, al-Arba'aa', al-Khamiis, al-Jum'aat, dan as-Sabt.


LATAR SEJARAH

Penentuan kapan dimulainya tahun 1 Hijriah dilakukan 6 tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad saw. Namun demikian, sistem yang mendasari Kalender Hijriah telah ada sejak zaman pra-Islam, dan sistem ini direvisi pada tahun ke-9 periode Madinah.

Sistem kalender pra-Islam di Arab

Sebelum datangnya Islam, di tanah Arab dikenal sistem kalender berbasis campuran antara Bulan (qomariyah) maupun Matahari (syamsiyah). Peredaran bulan digunakan, dan untuk mensinkronkan dengan musim dilakukan penambahan jumlah hari (interkalasi).

Pada waktu itu, belum dikenal penomoran tahun. Sebuah tahun dikenal dengan nama peristiwa yang cukup penting di tahun tersebut. Misalnya, tahun dimana Muhammad saw lahir, dikenal dengan sebutan "Tahun Gajah", karena pada waktu itu, terjadi penyerbuan Ka'bah di Mekkah oleh pasukan gajah yang dipimpin oleh Abrahah, Gubernur Yaman (salah satu provinsi Kerajaan Aksum, kini termasuk wilayah Ethiopia).

Revisi penanggalan

Pada era kenabian Muhammad saw, sistem penanggalan pra-Islam digunakan. Pada tahun ke-9 setelah Hijrah, turun ayat 36-37 Surat At-Taubah, yang melarang menambahkan hari (interkalasi) pada sistem penanggalan.

Penentuan Tahun 1 Kalender Islam

Setelah wafatnya Nabi Muhammad saw, diusulkan kapan dimulainya Tahun 1 Kalender Islam. Ada yang mengusulkan adalah tahun kelahiran Muhammad saw sebagai awal patokan penanggalan Islam. Ada yang mengusulkan pula awal patokan penanggalan Islam adalah tahun wafatnya Nabi Muhammad saw.

Akhirnya, pada tahun 638 M (17 H), khalifah Umar bin Khatab menetapkan awal patokan penanggalan Islam adalah tahun dimana hijrahnya Nabi Muhammad saw dari Mekkah ke Madinah. Penentuan awal patokan ini dilakukan setelah menghilangkan seluruh bulan-bulan tambahan (interkalasi) dalam periode 9 tahun. Tanggal 1 Muharam Tahun 1 Hijriah bertepatan dengan tanggal 16 Juli 622, dan tanggal ini bukan berarti tanggal hijrahnya Nabi Muhammad saw. Peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad saw terjadi bulan September 622. Dokumen tertua yang menggunakan sistem Kalender Hijriah adalah papirus di Mesir pada tahun 22 H, PERF 558.


TANGGAL-TANGGAL PENTING

Tanggal-tanggal penting dalam Kalender Hijriah adalah:
1 Muharram:
Tahun Baru Hijriah
10 Muharram:
Hari Asyura. Hari ini diperingati bagi kaum Syi'ah untuk memperingati wafatnya Imam Husain bin Ali
12 Rabiul Awal:
Maulud Nabi Muhammad (hari kelahiran Nabi Muhammad)
27 Rajab:
Isra' Mi'raj
Bulan Ramadhan: Satu bulan penuh umat Islam menjalankan
Puasa Ramadhan
27 Ramadhan:
Nuzulul Qur'an (di Indonesia dan Malaysia diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan)
10 hari terakhir di Bulan Ramadhan terjadi
Lailatul Qadar
1 Syawal: Hari Raya
Idul Fitri
9 Dzulhijjah:
Wukuf di Padang Arafah
10 Dzulhijjah: Hari Raya
Idul Adha


KALENDER JAWA

Sistem Kalender Jawa berbeda dengan Kalender Hijriah, meski keduanya memiliki kemiripan. Pada abad ke-1, di Jawa diperkenalkan sistem penanggalan Kalender Saka (berbasis matahari) yang berasal dari India. Sistem penanggalan ini digunakan hingga pada tahun 1625 Masehi (bertepatan dengan tahun 1547 Saka), Sultan Agung mengubah sistem Kalender Jawa dengan mengadopsi Sistem Kalender Hijriah, seperti nama-nama hari, bulan, serta berbasis lunar (qomariyah). Namun demikian, demi kesinambungan, angka tahun saka diteruskan, dari 1547 Saka Kalender Jawa tetap meneruskan bilangan tahun dari 1547 Saka ke 1547 Jawa.

Berbeda dengan Kalender Hijriah yang murni menggunakan visibilitas Bulan (moon visibility) pada penentuan awal bulan (first month), Penanggalan Jawa telah menetapkan jumlah hari dalam setiap bulannya. THERIQA 100108

71 komentar:

H. Taufik, Camat Pamulang mengatakan...

...bang,
sebentar lg kita akan raih kemenangan dg ttp bersemangat.

A. Mooduto, PDI-P Kab. Tng mengatakan...

Selamat Tahun Baru 1429 H
Semoga kita tetap sukses bersama.

Pay mengatakan...

hadis motivasi:
Mereka yg hari ini lebih baik dari kmarin adalah B'RUNTUNG. Tp bila statis maka ia T'RCELA & bila lebih buruk, maka ia T'RLAKNAT. Slamat tahun baru ISLAM 1 muharam 1429H. Smoga kberuntungan sll menyertai langkah kita. pay010129H.

Bayu Murdani, Wkl Ketua DPRD Kab. Tng mengatakan...

Slamat tahun baru hijriah 1 Muharam 1429 H. Smg lebih baik dr tahun lalu, dlm amal ibadh HABLUMMINALLAH DAN HABLUMMINNAAS aamiiin. Maaf lhr batin.

hadi.hartono@gmail.com mengatakan...

Banteng merahku,
bulat tekadku

bersama rakyatku,
menggembala jiwa ragaku

Gotong royong
membangun negeriku

Dirgahayu Partaiku ke 35th.
Jaya selamanya.
Coblos no 1
ismetrano

gadingtribun@yahoo.co.id mengatakan...

Apa kabar bang?
(Amud Tribun)

Harun al-Rasyid, Koalisi Benteng Bersatu mengatakan...

Posko aku di Villa Melati Mas blok SR.2 no. 1 belakang ayam goreng nyonya SUHARTI.

hh_arbiter@yahoo.co.id mengatakan...

Slmt Tahun Baru 1429H, Bang

Taneko mengatakan...

Wahid muharam 1429 h

**yanto** mengatakan...

... Cinta
... Kebahagiaan
... Kasih sayang
... Persaudaraan &
... Persahabatan

TUMBUH dari:
HATI yg Tulus

Mari kita sambut Tahun Baru 1429 H, smg BERLIMPAH REZEKI & KESEHATAN SERTA PANJANG UMUR dan SUKSES dalam SEGALA HAL, SELAMAT TAHUN BARU 1429 H.

H. Komarudin, Sekum KONI Kab. Tng mengatakan...

Saya juga menyampaikan Selamat Tahun Baru Islam 1429 H, smoga th ini memberikan keberkahan bagi kita
Tdk ada pilihan lain nomor wahid slalu tampil yg terbaik
Harapan kita harapan semua,
sukses no 1

dr. Julia mengatakan...

Kami sekeluarga mengucapkan
"Selamat Tahun Baru 1429 H"
Semoga Allah SWT Senantiasa bersama kita. Sy udah doakan Bpk di tanah suci di tempat2 yg mustajab smg Allah meridhoi & mengabulkan doa kita semua. Amin.

Supny mengatakan...

Ass,
SELAMAT TAHUN BARU radva sukses selalu.

Tb. Yakub mengatakan...

SELAMAT TAHUN BARU, BANG
1 SURO YA SELANJUTNYA NMR 1 DEH!

H. Dedy Kusnadi, Bendahara Umum KONI Kab. Tng mengatakan...

Andre Batman berkata:

"...
ada seh yang merasa dirinya paling komplit

ada yang kalo janji selangit

kita mah tetap aja nyang nomer wahid
..."

Setuju sekali apapun yg dia katakan apapun yg dia lakukan apapun yg dia janjikan kita semua tetep no. 1.
kecap Benteng juga ngak ada no 2, apalagi no. 3
Hehehe, setuju kan ?

Sri, Hyundai Serpong mengatakan...

Makasih, Pak, smga datangnya th baru ini, akan menambah kedewasaan kita untuk menjalani hidup ini.

Mohan, MDP Production mengatakan...

Dg Bismillah...Kita awali langkah & nikmati hangatnya mentari pagi ini.
MET TAON BAROE 1429H.
Moga Allah hijrahkan & angkat derajat kita.

H. Henky, Sumarecon Serpong mengatakan...

Sukses Untuk Kita Semua

Mimy Ch, pengarang & komikus mengatakan...

... ketika usia semakin larut, ketika kehidupan pun mengalami pasang surut,
semoga amal ibadah kita tak akan pernah bangkrut ...

"SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH 1429"

... 1 Muharam
adalah tonggak kebangkitan Islam.

... Memilih nomor 1 adalah proses menuju Kab. Tangerang yg gilang gemilang !

Noni, BSD mengatakan...

Abang gimana kabarnya ?

Wowok Hesti Prabowo mengatakan...

Undangan pbukaan pmeran lukisan karya Erwin Trihendarto dan Bambang Harmanto (psbj) di gudeg kota seni citra raya pd sabtu 12 januari jam 16.00. Mohon kbri kwn2.
Salam,wowok

dedi_912@yahoo.com mengatakan...

Hari ini dimulainya 1 hijjriah mari kita 1 SENYUM sejukkan baribu jiwa 1 JANJI damaikan beribu hati,,, 1 TEKAD dapat mengubah 1000 ASA menjadi 1000 REALITA...
Dan hanya,,, 1 CARA untuk meraihnya, menentukan pilihan nomor 1 kita, insyaalloh akan mendapat ridlo yang MAHA 1.

"Selamat Tahun Baru Hijriah"

(Dedi Rafidi)

M. Djamil, Ketua RW 05 Taman Puspa mengatakan...

Ass wr wb,
kami sekeluarga menghaturkan "SELAMAT TAHUN BARU 1 MUHARRAM 1429 H",
semoga Allah selalu melindungi dan memberi petunjuk kpd kita, serta dimudahkan dlm sgla urusan amin ya robbal alamin.

Ogut, Tomtam Group mengatakan...

Lahawlawalla kuata illah billahi aliyil azim, slmt th baru 1 muharam 1429 H.

Said, Citra Raya mengatakan...

Assalamualaikum,
"Selamat Tahun Baru Hijriah"
Semoga Allah selalu memberikan Taufik n hidayah kepada Bpk. Amin ya Rabbil Alamin.

H. Dadang Kartasasmita, DPW PPP Banten mengatakan...

pasti ujung dari mencapai kepastian kita akan mengambil satu pilihan jalan untuk menuju arah yg memang belum pasti.

H. Deden Sugandhi, ASDA 2 mengatakan...

Ngaku ustad bawa spanduk biadab. Rapatkan barisan !

Asda 2 Kab. Tng mengatakan...

Hati Korps telah luka mari dukung senior.

H. Deden Sugandhi mengatakan...

Sumuhun Kang,
khususna warga tangerang asal cipeucang, cimanuk dan kumpay.

Suhar, Tarung Drajat Kab Tng mengatakan...

Ass..
Kata yang indah adalah "Allah"
lagu yang merdu adalah "Adzan"
Media yang terbaik adalah "Al Quran"
Senam yang menyehatkan adalah "Shallat"
Diet yang sempurna adalah "Puasa"
Kebersihan yang menyegarkan adalah "Wudhu"
Perjalanan yang indah adalah "Haji" Hayalan yang terbaik adalah mengingat "Dosa & Taubat"
Selamat TH BARU 1 Muharam 1429 H.

Indah mengatakan...

SeLaMat Tahun baru 1 muharam 1429 H...Tuk Bang Batman, semoga tahun ini menjadi tahun penuh berkah tuk kita semua. Amin.

Eddie Bonetski, SERDADU mengatakan...

Selamat tahun baru 1429 H, Bang.

Amin Lukman SE mengatakan...

Jadi ingat basuki dagang jamu komplit..

wes..swes...sewes...bablas angine (kelaut deh) yg jelas kecap mah tetap no.1

iDA hAJAR, asri mengatakan...

New hopes, new life, new journey and new luck. May God always give the best way and solution for your life.
**HAPPY NEW YEAR 1429 H.***

H. Majid Sukari, Kresek mengatakan...

SEMOGA DI TAHUN BARU INI KITA BERSAMA SAMA DIBERIKAN RAHMAT OLEH AWLLOH? AMIN YAROBAL ALAMIN.

Dr. M. Sofyan, PSN mengatakan...

Berhenti adalah kegagalan,
Bergerak adalah perjuangan,
Berjalan adalah kehidupan,
kesuksesan adalah Tujuan.

"Selamat Tahun Baru Hijriah 1429 H"

Iyan mengatakan...

Waktu yang lalu jadikan ilmu untuk menerangi kegelapan sejengkal langkah ke depan.
SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1429 H.

H. Didi Hadiwijaya mengatakan...

Kandidat yg banyak janji, membuktikan bahwa dirinya belum tahu banyak seluk beluk pemerintahan. Yg merasa komplit, menadakan dirinya tidak akan ketemu dg kebenaran. Semoga Muharam membuka dan mengantar kita ke gerbang kebahagiaan di 2008. Menang AI TWO TE ONE !!!

H. Suroip Ashari, Muhammadyah mengatakan...

Jadi kita harus tetap di titik 1 tambah 9 jadi ungu gemilang.

Dhony Rahajoe, BSD mengatakan...

"Ya Allah yg Maha Menguasai hati, perkayalah Saudaraku dengan Amal, hiasilah hatinya dengan sabar, Muliakanlah wajahnya dengan taqwa. Trimalah amal ibadahnya dan lipat gandakan rizkinya, Engkaulah Dzat Penguasa Alam. Ya Allah Ya Arhama Rohimin perkenankanlah dan kabulkanlah doa-doa kami.

Happy New Year 1429 Hijriyah.

Heni Perbasasi mengatakan...

Met taun baru ya pak..
Sy cuma bs bantu doa smoga kt tetap jd nomor satu, ok

heni n geng softball.

Hayunadi, Dandim 0506/BS mengatakan...

Ass ww
Dengan penuh hormat disertai rasa IMAN DAN TAQWA kepada ALLOH SWT, kami mengucapkan "SELAMAT TH BARU 1 MUHARAM 1429 H"
Semoga kita termasuk golongan yg beruntung dlm memaknai hijrahnya ROSULULLOH dari Mekah ke Madinah 1429 th yg lalu. Amin.

H. Kastori, bendaharawan KONI Kab. Tng mengatakan...

Selamat Tahun Baru, Pak. Maafkan saya dan keluarga.

Sutri, Polsek Cikupa mengatakan...

Akur
Tetap yg no. 1

Kapolsek Kresek mengatakan...

Kami sekeluarga mengucapkan selamat thn baru 1429 hijriah smoga janjinya terbukti kita dukung no "1"

Soma Atmaja, Camat Pagedangan mengatakan...

Hehe..
Met Tahun Baru 1429 H.

Opik, sekretariat DPRD mengatakan...

Viva Ungu semoga sukses selalu. Amin.

Beri, Kadu mengatakan...

Abdi mah kaum kalaki hoyong colok Airin, tapi ari milih mah ttp arek kang rano bae. met thn baru 1429 H, bang.

HA Jabir, MUI mengatakan...

Semoga hijriyah 1429 suburkan iman dan takqa kita kepadaNYA.

Encep Sahayat mengatakan...

No wahid BUKAN janji TAPI bukti

edwinaldrin.pmr@gmail.com mengatakan...

Bang Andre, sama selamat tahun baru juga. Tapi tunggu sbntr krn sang kekasih kakinya bengkak minta dipijit.

Bakir Ratu Print mengatakan...

Sawaa, nahnu tabiun. Kami sngt setuju mudah2an pd asyhurul hurum bln yg d mulyakan ini doa kita di qobul.

Ir. Agus, al-Ikhwan mengatakan...

Jamu jalee komplit, agus baru selesai istighosah dan santunan 100 yatim piatu di masjid pesona dlm rangka menyambut tahun baru 1428 hijiriah.

Narji, Jagur mengatakan...

Bgs bngt puisinya, ntar bacain pas kampanye.

zaidanjauhari@gmail.com mengatakan...

Malam bang, saya baru dapat khabar bapak di muara enim sumsel masuk rumah sakit kena stroke, mohon doanya. trmks.

Andhika, Emc Fm mengatakan...

jamu kali ye komplit..

pegih ngaji ke kampung gusti..
BUKAN JANJI TAPI BUKTI..

TANGERANG NOT FOR SALE..

salam buat sodara2ku di semburatjingga..

silahkan mampir di: www.ismet-rano.all-up.com

H. Arsyad Hussein mengatakan...

Selamat Tahun Baru 1429 H,
Mari kita minta bermunajat kpd Allah SWT agar No. 1 Bp. Ismet-Rano jadi Bupati 2008-2013 amin ya robbal alamin.

Ade, PKS Banten mengatakan...

Terimakasih Bang Andre...

Eddy Mursalim mengatakan...

Mohon hadir dalam rapat pleno pengurus DP Provinsi PSN Banten pada SABTU, 12-01-1008 pkl.13.00 di sekretariat DPP jl. Trib Jamaksari Cinanggung, dari ciceri ke arah ps rawu-tol. Terimakasih.

Wawan mengatakan...

Bang, ada dukungan dari tukang becak sebanyak 3000 orang ada ktp n kartu suara tuk pak Ismet. Gimana Bang ?

Eddie Bonetski mengatakan...

Asslm-Merdeka ?!
Syukur alhamdulillah, Musholla keluarga anaklangit sudah berdiri.. Semoga barokah manfaat selalu..
Wasslm.

Bayu, PDI_P mengatakan...

Baaangg...

----------------------------------1

pengen ketemu


----------------------------------2

Pilkada banyak boneka !!


----------------------------------3

Erwin, Pemimpin tertinggi partai tambahan mengatakan...

Selamat tahun baru Islam, semoga barokah Allah SWT terlimpah untuk kita semua. Amin

-----------------0817.699.4747

Tim mengatakan...

Hari ini P' H. Ismet ke Villa Balaraja, ke Solear, ke Jambe, ke Panongan, ke Bukit Tiara Cikupa, ke Sindang Jaya dan ke Kutabumi Pasar Kemis, Bang.

Ujang QP mengatakan...

Ass. Wr. Wb.
Selamat Tahun Baru 1429 H.
Semoga Allah SWT slalu melindungi kita & Semoga pilkada yg akan datang ini Ayahanda Drs. H. Ismet Iskandar & H. Rano Karno SUKSES! Mhn maaf Bang, kalo msh ada kaos QP minta lg kmrn kkrngn. QP aja ga kebagian. Thanks sebelumnya.

Hariri, MUI Kab Tng mengatakan...

Ass. Marhaban tahun baru Islam 1429 Hijriyah
teriring do'a semoga usa ha sukses yang Islami sehingga bahagia di Dunia dan di Akhirat.
Wass.

tim mengatakan...

mohon maaf...pnayangan talkshow pak Ismet d TVRI Dtunda pnayangannya krn bukan jadwal ISRO kampanye... skali lgi mohon maaf...

Bontot mengatakan...

KAMI SEKELUARGA SENANTIASA BERDOA SEMOGA ALLAH SWT BERKENAN MEMBERI KESEMBUHAN KEPADA AYAHANDA DARI BP. ZAIDAN, SEMOGA CEPAT SEHAT, AMIN.

edwinaldrin.pmr@gmail.com mengatakan...

Kami lagi berkumpul di tempat Ust Halim. Skrg ada pak hary, pak Prie
InsyAllah kami panjat doa utk kesembuhan BELIAU.

Sri Pujiastuti mengatakan...

Slmt th br 1429H jg ya, smg th br + th2 brktnya kita sll bisa meningkatkan kualitas sujud + syukur kita dan sll dlm ridlo Allah. amin.

Hj. Rt. Atut C, Gubernur Banten mengatakan...

Selamat Tahun Baru 1429 H, ya...