6.12.07

Akan Ada Gempa 8,5 dsr pada 23 Desember 2007?

Badan Meteorogi dan Geofisika (BMG) Bengkulu menilai prediksi akan terjadi gempa 8,5 SR pada 23 Desember 2007 seperti disampaikan pengamat gempa dari Brazil Prof. Jucelino Nobrega da Luz tidak benar. Karena itu masyarakat diminta tidak terpengaruh dan tak mempercayainya.
"Sampai saat ini belum ada satu orang pun yang bisa memastikan akan terjadi gempa, baik kekuatan, lokasi maupun waktu terjadinya, karena itu apa yang disampaikan itu tidak bisa dipercaya," kata Koordiantor BMG Bengkulu Adjat Sudrajat di Bengkulu, Jumat.

Adjat juga mengatakan, hingga saat ini belum ada tekonologi atau ilmu pengetahuan yang bisa memprediksi terjadinya gempa bumi secara pasti. Ia juga mengaku, sampai sekarang BMG ataupun pihak peneliti gempa dari Indonesia tak ada yang menyampaikan akan terjadi gempa bumi besar di Bengkulu ataupun di wilayah lainnya khususnya di Sumatera.

Untuk itu, ia berharap agar masyarakat tidak percaya tapi tetap meningkatkan kewaspadaan, bukan karena akan terjadinya gempa bumi besar namun karena memang Bengkulu merupakan daerah paling rawan bencana khususnya gempa.

Ia mengaku telah menerima pemberitahuan kemungkinan adanya bencana besar itu dari Badan Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Bakornas PB) dalam bentuk salinan faksimili surat dari Jucelino ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Brazil. Prof Jucelino mengirim surat prediksi gempa besar ke KBRI di Brazil yang kemudian oleh pihak KBRI diteruskan ke Bakornas PB. Bakornas PB kemudian meneruskan ke Pemprov Bengkulu.

Dalam suratnya itu, Jucelino memperkirakan akan terjadi gempa besar berkekuatan 8,5 SR di wilayah Sumatera pada 23 Desember 2007, tapi tidak menyebutkan secara pasti lokasi bencana itu.

Prof Jucelino sebenarnya bukan kali ini saja memperingatkan akan adanya gempa besar. Sebelumnya pada 1998 ia telah mengirimkan surat tentang akan adanya tsunami besar di Indonesia pada 2004, yang kemudian terbukti terjadi di Aceh dan sekitarnya.

Pengamat gempa dari Brazil itu juga pernah mengirim surat pada 2006 yang berisi prediksi terjadinya gempa berkekuatan 8,4 SR di Bengkulu pada September 2007. Ternyata memang terjadi gempa bumi berkekuatan 7,9 SR di Bengkulu pada 12 September 2007. ANTARA

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Ow No! Please God, itu kan ulang tahun Bang Batman !

Anonim mengatakan...

Ih sereeeem, kayak ga ada abis-abis nya bencana di bumi pertiwi ini aza.

Anonim mengatakan...

Saya ingat waktu Abang potong rambut, ada gempa bumi 6,3 SR, ya khan? Sekarang Abang ulang taon, ada gempa lagi yang lebih hebat 8,5 SR. Panjang umur mudah rizki ya Bang. Salam dari adik-adikmu.